Diskusi Seputar Ekonomi Selagi Masih Merdeka Untuk Berpikir dan belajar berdasar realita kehidupan

Cari Disini

Tuesday, May 13, 2008

Iklan Merupakan Sinyal Kualitas

Banyak jenis iklan yang hanya sedikit mengandung informasi yang langsung berhubungan dengan karakteristik ataupun kualitas produk yang diiklankan. Kita ambil contoh iklan sebuah produk shampo yang menampilkan seorang bintang terkenal yang dibayar mahal, yang digambarkan menjadi cantik dan menawan setelah memakai produk shampo tersebut. Berapa banak informasi yang terkandung dalam iklan-iklan seperti ini???

Ternyata, informasi yang diberikan oleh iklan seperti itu lebih banyak dari yang kita bayangkan semula. Para pendukung iklan berpendapat bahwa meskipun sepintas lalu iklan-iklan tersebut tidak banyak memberi informasi secara langsung, namun sebenarnya ada banyak hal yang yang diceritakan oleh iklan tersebut mengenai produk shampo tersebut. Kesediaan perusahaan membelanjakan sejumlah besar uang untuk iklan tersebut dipandang sebagai suatu sinyal bagi konsumen tentang kualitas produk yang tengah diiklankan/ditawarkan.

Dalam hal ini, berarti iklan menggambarkan kualitas dari sebuah produk bukankah iklan juga menambah biaya dan membuat harga menjadi lebih mahal? Tentu tidak kalau asumsi, iklan tersebut dapat menambah jumlah konsumen produk tersebut. Jadi Iklan berkualitas merupakan sinyal dari kualitas yang diiklankan.

Related Post

Apolitis Generasi Muda

Fenomena cuek dan lebih bersikap apolitisnya masyarakat terutama generasi muda harus diakhiri dan apa penyebabnya??? ...Baca Selengkapnya...

Cheat Warcraft dota allstar b-net new version

Free Download dota maphack here, make newbie safely playing dota and the other warcraft games especially in dota battlenet. Make you are the best in your battlenet (b-net) server. Get Godlike without any tips or others trick at here ...Read More...